ArLECCHINO merupakan kereta elektrik ikonis yang diciptakan di era 1950an oleh sepasang tokoh Italia berniat kreatif: Gio Ponti (seorang arsitek dan perancis furnitur) serta Giulio Minoletti (juga seorang ahli arsitektur). Kereta ini mulai aktif dalam layanan pada tahun 1960 guna mendukung Olimpiade Roma, menjalankan jalurnya dari Milan hingga ke Naples melintasi ibu kota negara tersebut, sampai dengan pensiunnya pada tahun 1986.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Arlecchino Train: Kereta Listrik Klasik Abad-20 yang Masih Berjaya

Fondazione FS

Arlecchino Train: Kereta Listrik Klasik Abad-20 yang Masih Berjaya

Prada

Kereta ini populer disebut pula sebagai ETR 250 — kependekan dari ElettroTreno Rapido 250, atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan menjadi Kereta Ekspres Listrik Cepat 250 km/jam. Arlecchino terdiri atas empat kereta penumpang dengan konsep interior yang elegan, meliputi bangku-bangku beludru bervariasi warnanya serta ruangan istirahat dengan panorama luas.

Arlecchino Train: Kereta Listrik Klasik Abad-20 yang Masih Berjaya

Julia Buckley

Fakta menarik lainnya adalah ia diberi nama Arlecchino lantaran coraknya yang cerah dan tangguh, mirip dengan pakaian karakter Arlecchino dalam pertunjukan komedi commedia dell’arte di Italia.

Arlecchino Train: Kereta Listrik Klasik Abad-20 yang Masih Berjaya

Alice Rawsthorn

Kereta Arlecchino telah direstorasi oleh Fondazione FS dan mulai beroperasi lagi pada tahun 2020 untuk menangani perjalanan istimewa serta event-event budaya. Sebagai kereta wisata premium, ia menjelajahi lintasan-lintasan spektakuler di seluruh negeri. Proses restorasinya melindungi konsep aslinya sambil menyematkan elemen-elemen teknologi terkini, sehingga membolehkannya bekerja pada sistem jaringan listrik yang ada sekarang.

Arlecchino Train: Kereta Listrik Klasik Abad-20 yang Masih Berjaya

Prada

Pada tanggal 6 hingga 8 April 2025, saat Milan Design Week berlangsung, kereta Arlecchino menjadi bagian dari perhelatan “In Transit”. Persembahan ini merupakan kolaborasi antara Prada dan Formafantasma serta dilaksanakan di Stasiun Sentral Milan. Kegiatan tersebut mencakup dialog mengenai aspek-aspek seperti mobilitas, desain, dan politik global.

Arlecchino Train: Kereta Listrik Klasik Abad-20 yang Masih Berjaya

Prada

Kereta Arlecchino serta Paviliun Kerajaan menjadi tempat inti bagi simposia kali ini. Kereta Arlecchino, sebuah karya dari Gio Ponti bersama Giulio Minoletti di tahun 1950, difungsikan sebagai area dialog sepanjang kegiatan tersebut, menyajikan atmosfer tersendiri yang menggambarkan konsep mobilitas dan rancangan.

Teks ini ditulis oleh: Adib Ira Marati

Sumber foto teaser: Prada